top


Home Manajemen Perkuliahan
PDF Print
Sunday, 15 February 2009 13:39

A. Sistem Penyelenggaraan Pendidikan

Program studi manajemen UPN “Veteran” : Jawa Timur menyelenggarakan program pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program.
Satuan kredit semester adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 50 menit perkuliahan atau 60 menit praktikum, yang diiringi oleh sekitar 50-60 menit kegiatan terstruktur dan 50-60 menit kegiatan mandiri.

1. Kegiatan terjadwal adalah kegiatan belajar dengan dosen secara terjadwal
2. Kegiatan terstruktur adalah kegiatan belajar yang direncanakan oleh dosen, tetapi tidak terjadwal.
3. Kegiatan mandiri adalah kegiatan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa atas prakarsa sendiri untuk mendalami materi atau untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
 
B.   Kurikulum


Program studi manajemen FE UPN “Veteran” Jawa Timur menggunakan kurikulum yang disusun berdasarkan kebutuhan pasar (stake holder, pengguna lulusan) dengan beban studi minimal 144 SKS, secara normal seorang mahasiswa dapat menyelesaikan beban studi tersebut studi dalam waktu 3,5 tahun.
Kegiatan Pendidikan
Kegiatan pendidikan di Program studi manajemen FE UPN “Veteran” Jawa Timur dalam satu tahun akademik dibagi menjadi semester gasal, semester genap, dan semester pendek (jika dipandang perlu). Pelaksanaan kegiatan pendidikan dalam satu tahun akademik ditetapkan oleh FE UPN “Veteran” Jawa Timur dengan mengacu pada kalender akademik.


1. Jenis perkuliahan


Masa perkulilahan dibedakan atas perkuliahan teori, perkuliahan praktek dan prakatek laboratorium.


a. Perkuliahan teori adalah perkuliahan yang berupa kajian dan penguasaan teori
b. Perkuliahan prakatek adalah perkuliahan yang berupa pelatihan memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan teori
c. Prkatek laboratorium adalah perkuliahan yang berupa aplikasi pengujian teori dalam situasi dan kondisi yang terbatas
d. Laboratorium Komputer adalah perkuliahan yang berupa aplikasi dengan menggunakan sarana komputer sesuai dengan bidang/jurusan masing-masing
e. Perkuliahan selektif merupakan perkuliahan untuk matakuliah tertentu yang diselenggarakan secara sentralistik oleh universitas pada pusat-pusat yang ada dilingkungan UPN “Veteran” Jatim

2. Silabus


Pada setiap awal semester, dosen pengasuh menyampaikan silabus kejurusan masing-masing yang antara lain memuat :


a. Matakuliah selama satu semester
b. Macam dan banyaknya tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa-peserta dan bobot penilaian untuk tiap-tiap tugas
c. Materi ujian tengah semester dan ujian akhir
 


3. Ketidak hadiran Dosen


Apabila dosen berhalangan hadir dalam memberikan kuliah dosen yang bersangkutan secepat mungkin memberitahu petugas perkuliahan untuk disampaikan kepada mahasiswa-peserta. Dosen yang bersangkutan mengganti pelaksnaan perkuliahan yang terhalang pada kesempatan lain.


4. Peserta Kuliah


Mahasiswa yang berhak mengikuti kegiatan perkuliahan suatu matakuliah adalah mahasiswa yang namanya tercantum dalam daftar peserta kuliah. Dalam kegiatan perkuliahan setiap mahasiswa perlu mengikuti kegiatan perkuliahan secara teratur. Kehadiran mahasiswa akan menentukan berhak tidaknya mahasiswa tersebut mengikuti ujian. Kehadiran mahasiswa minimal 70% dari riil kuliah yang dilaksanakan. Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan tersebut, tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir semester.


C. Masa Studi


Masa studi normal untuk menyelesaikan semua beban studi sebanyak minimal 144 SKS adalah 4 tahun. Penentuan masa studi normal ditentukan sebagai berikut :


1. Masa studi normal bagi mahasiswa baru dihitung sejak saat seseorang pertama kali terdaftar sebagai mahasiswa FE UPN “Veteran” Jawa Timur, diluar berhenti sementara (cuti kuliah).
2. Masa studi normal bagi mahasiswa alih jalur dan alih program disetarakan dengan telah menempuh 4 semester di FE UPN "Veteran" Jawa Timur, diluar berhenti sementara (cuti kuliah).

D. Beban Studi


Jumlah beban studi mahasiswa pada masing-masing program studi sekurang-kurangnya 144 SKS.

Beban studi maksimum yang boleh diambil mahasiswa dalam suatu semester berpedoman pada besarnya Indeks Prestasi Semester (IPS) yang telah dicapai pada semester sebelumnya sebagai berikut :

IPSBeban Studi Maksimum
³ 3,0024 SKS
2,50 – 2,9922 SKS
2,00 – 2,4920 SKS
1,50 – 1,9917 SKS
< 1,5014 SKS

 

1. Beban Studi Awal


Penentuan beban studi awal bagi mahasiswa baru, mahasiswa alih jalur dan mahasiswa alih program ditentukan sebagai berikut :


a. Mahasiswa Baru


1) Pada tahun pertama (semester gasal, semester genap, semester pendek), beban studi matakuliah-matakuliah paket ditentukan oleh ketua jurusan masing-masing.
2) Pada semester-semester berikutnya, beban studi ditentukan berdasarkan IPS yang baru lalu.


b. Mahasiswa alih jalur dan alih program


1) Pada satu semester pertama beban studi dan matakuliah-matakuliah ditentukan oleh ketua jurusan masing-masing
2) Pada semester-semester berikutnya beban studi ditentukan berdasarkan IPS yang baru lalu.


2. Pemilihan Matakuliah


Dasar memilih matakuliah pada suatu semester, setiap mahasiswa perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :


a. Pedoman urutan pengambilan matakuliah. Perhatikan pedoman tersebut pada BAB selanjutnya yang memuat tentang kurikulum
b. Matakuliah prasyarat : matakuliah prasyarat perlu ditempuh lebih dahulu sebelum menempuh matakuliah yang menuntut prasyarat.
c. KKN (bagi mahasiswa yang mengambil KKN) KKN boleh diambil apabila mahasiswa yang bersangkutan telah mencapai sekurang-kurangnya 100 SKS dengan IPK ? 2 tak ada nilai E dan telah mengikuti kegiatan ilmiah dilingkungan Fakultas Ekonomi sesuai dengan kredit point kegiatan yang ditentukan oleh jurusan masing-masing.
d. Skripsi (bagi mahasiswa yang memprogram skripsi) : skripsi boleh diprogram apabila mahasiswa yang bersangkutan telah mencapai sekurang-kurangnya 110 SKS dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,00, tidak ada nilai E, mata kuliah metodologi penelitian minimal nilai C.
e. Batas waktu bimbingan skripsi selama satu tahun, jika belum selesai dapat mengajukan perpanjangan satu tahun lagi yang merupakan batas waktu terakhir untuk bimbingan skripsi.


3. Perencanaan Beban Studi


Masa perencanaan beban studi tiap semester ditetapkan dalam kalender akademik. Dalam merencanakan beban studi, mahasiswa perlu mengikuti kegiatan bimbingan rencana studi (BRS) yang dibimbing oleh pembimbing akademik dengan berpedoman pada :


a. IPS reguler yang baru saja dijalani
b. Kurikulum
c. Daftar matakuliah yang ditawarkan
d. Prasyarat matakuliah
e. Jadwal matakuliah

4.  Ujian Komprehensif (Ujian Skripsi)


Merupakan evaluasi belajar terakhir dalam menyelesaikan studinya di fakultas ekonomi untuk memperoleh gelar sarjana ekonomi, maka untuk dapat mengikuti ujian komprehensif ini dipersyaratkan sebagai berikut:


a. Telah menyelesaikan seluruh matakuliah yang dipersyaratkan pada kurikulum masing-masing program studi dengan ketentuan minimal 138 SKS.
b. Telah memenuhi TOFLE minimal dengan nilai 450 pada saat mendaftar ujian skripsi.
c. Telah memenuhi kredit kegiatan ilmiah ekstra kurikuler yang ditentukan oleh masing-masing program studi/jurusan.


E. Evaluasi Hasil Belajar


a. Evaluasi Pendidikan
1. Untuk mengetahui kemajuan belajar mahasiswa diperlukan evaluasi hasil belajar.


2. Evaluasi pertama dilaksanakan pada 2 tahun pertama (semester 1 s/d 4), dalam hal ini mahasiswa diwajibkan telah memenuhi persyaratan akademik yakni :
a. Jumlah SKS minimum yang diperoleh 35 SKS tidak terdapat nilai E dan nilai D maksimum 25 %.
b. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ? 2,00


3. Evaluasi kedua dilaksanakan pada 2 tahun kedua (semester 5 s/d 8), dalam hal ini mahasiswa diwajibkan telah memenuhi persyaratan akademik yakni :
a. Jumlah SKS minimum yang diperoleh 70 SKS tidak terdapat nilai E dan nilai D maksimum 25 %.
b. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ? 2,00

4. Jika hasil evaluasi pada 2 tahun pertama atau pada 2 tahun kedua, maka dinyatakan Drop Out.

5. Batas waktu Program pendidikan Sarjana (S1) harus telah diselesaikan paling lama 14 (empat belas) semester.

6. Batas waktu revisi ujian skripsi selama 1 (satu) bulan stelah ujian dilaksanakan, jika tidak dapat menyelesaikan dalam waktu yang ditentukan, maka berhak mengajukan perpanjangan revisi selama-lamanya 1 (satu) bulan, jika belum dapat menyelesaikan pada masa perpanjangan, maka dilakukan ujian skripsi ulang.
b. Nilai akhir keberhasilan mahasiswa dalam suatu matakuliah dinyatakan dengan huruf, disebut huruf mutu dan bobot kuantitatifnya (angka mutu), disebut angka mutu sebagai berikut :

Nilai AngkaNilai HurufAngka Mutu
≥ 80 - 100            A4.00
≥ 75 < 80            A-3.75
≥ 70 < 75            B+3.50
≥ 66 < 70            B3.00
≥ 62 < 66            B-2.75
≥ 58 < 62            C+2.50
≥ 55 < 58            C2.00
≥ 51 < 55            C-1.75
≥ 47 < 51            D+1.50
≥ 44 < 47            D 1.00
<44            E0.00

c. Tingkat keberhasilan belajar mahasiswa untuk semua matakuliah yang diambil pada suatu semester dinyatakan dengan bilangan yang disebut Indeks Prestasi Semester (IPS), dan untuk semua matakuliah yang diambil sampai dengan suatu semester dinyatakan dengan bilangan yang disebut Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).


1) IP ditulis sampai dengan dua angka dibelakang koma. Besar IPS dan IPK dihitung dari jumlah hasil kali antara besar kredit (K) dan angka mutu (A) dibagi jumlah kredit yang diambil.
2) Apabila suatu matakuliah memiliki dua nilai atau lebih yang berbeda, penghitungan IPK didasarkan pada nilai dengan bobot nilai tertinggi.
d. Predikat kelulusan
1) Predikat hasil kelulusan atau kualitas yudisium ditetapkan berdasarkan IPK dari hasil semua kegiatan akademika yang diwajibkan. IPK dan predikat kelulusan ditentukan sebagai berikut :

IPKPredikat

2,00 – 2,75

2,76 – 3,50

3,51 – 4,00

Memuaskan

Sangat memuaskan

Cum Laude


2) Predikat kelulusan Cum Laude ditentukan juga dengan memperhatikan masa studi maksimum, yaitu n tahun (masa studi normal) + 1 tahun.


3) Predikat kelulusan Cum Laude bagi mahasiswa alih jalur dan alih program ditetapkan dengan ketentuan sebagai berikut :
a) Mencapai IPK sekurang-kurangnya 3,51
b) Mencapai IPK sekurang-kurangnya 3,51 untuk semua matakuliah yang ditempuh di FE UPN "Veteran" Jawa Timur


c) Masa studi di FE dan perguruan tinggi asal tidak lebih dari 4 tahun.


F. Penilaian


1. Nilai UTS atau UAS
Penilaian UTS dan UAS diberikan dengan nilai mentah (Raw Score) yaitu antara 0 s/d 100, sudah diperhitungkan nilai tugas-tugas khusus tersebut.
2. Bobot Nilai UTS dan UAS
Nilai UTS dan UAS diberi bobot masing-masing 40 % dan 60 % dengan catatan bahwa materi UAS mencakup materi dan awal sampai dengan akhir semester.
3. Cara Penilaian
Digunakan Penilaian Acuan Patokan, yaitu cara penilaian berdasarkan suatu patokan yang sudah ditentukan sebelum penilaian dilaksanakan. Patokan tersebut adalah ;

Profil Program Studi

Daftar Mata Kuliah Wajib Program Studi Manajemen

 
Se-mes-
ter
Kode/NomerMata-kuliahNamaMata Kuliah Pilihan  SKS  Dosen Pengajar

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

I

UPK 1001

AGAMA ISLAM

2

Drs. Zawawi, MPd.

 

DKK 1028

BAHASA INGGRIS I

2

PUSBASA
 

UBB 1007

ILMU BUDAYA DASAR

2

Dra. Ika Korika, MPd.

 

DKK 1025

MATEMATIKA

3

Dra. Ec. Suhartuti, MMDra. Ec. Niniek I,MP
 

DKK 1020

PENG. AKUNTANSI

3

Dra. Ec. Sulasti I, MMDrs. Ec. Supriyono, SE.MMDra. Ec. Nuryanti T, MSi
 

DKK 1016

PENG. EK. MAKRO

3

Dra. Ec. Malicha Drs. Ec. Sumarto, MSDra. Ec. Tri Kartika P, MSi
 

DKK 1012

PENG. BISNIS

3

Drs. Ec. Soewardjo, MM

Drs. Ec. Mei Retno A.,MSi

 

UPK 1011

PANCASILA

2

Drs.Eko Pranoto,SE,MMIr.Riyono,MSDr.Bambang Priyanto,SUIr.Sri Rahayuningtyas,MPDjoko Purnomo ,SIPIr.Eko Prijanto,MPIr. Sudarmadji,MS

Ir.Sutoyo,MM

II

MKB 2121

AKUNTANSI INTERMEDIATE

4

Drs.Ec. Pandji S.SE,MM

Drs. Agus Subiyantoro,AK

 

UPK 1010

WIDYA MWAT YASA

2

Drs.Eko Pranoto,SE,MMIr.Riyono,MSDr.Bambang Priyanto,SUIr.Sri Rahayuningtyas,MPDjoko Purnomo ,SIPIr.Eko Prijanto,MPIr. Sudarmadji,MSIr.Sutoyo,MMIr Sigit  Dwi,MPknDr Mahfud Efendi, SU
 

UPK 2210

KEWARGANEGARAAN

2

Drs.Eko Pranoto,SE,MMIr.Riyono,MSDr.Bambang Priyanto,SUIr.Sri Rahayuningtyas,MPDjoko Purnomo ,SIPIr.Eko Prijanto,MPIr. Sudarmadji,MS

Ir.Sutoyo,MM

 

DKK 2019

PENG. MANAJEMEN

3

Drs. Ec. Soewardjo, MM

Drs.Ec. Agung S ,MM

 DKK 2011TEORI EKONOMI  MIKRO4Prof.Dr.Djohan Mashudi, MSDrs. Ec. Sumarto, MS

Dra. Ec. Luky S, MP

Dr. Muhajir A, MM

 

DKK 2228

BAHASA INGGRIS

3

PUSBASA
 DKK 2126STATISTIK I + PRAKTIKUM 2Dra. Ec. MalichaDra. Ec. Tri Kartika P, MSi

III

DKK 3129

STATISTIK II + PRAKTIKUM

2

Dra. Ec. Nur Mahmudah, MS 

Dra.Ec. Malicha

 

DBB 3025

HUKUM BISNIS

2

Sutrisno,SH,Mhum

Estu Hadi,SH

Sudjiono,SH,MH

 

MBB 3003

PERPAJAKAN

3

Drs. Ec. Hero Priono ,MSi

Drs. Eddy Sucahyo, AK

Drs. Adi Pramono, AKDrs.Adi Purnomo,MsiDra.Diah Hari S,Ak.MSi
 

MKB 3134

MANAJ. PEMASARAN I

3

Dra. Ec. Hery Pudjo, MM Sugeng Purwanto ,SE,MMDrs. Ec. Prasetyohadi, MMDra. Ec. Nuruni Ika, MM
 

MKB 3131

MANAJ. KEUANGAN I

3

Drs. Ec. Eko Purwanto, MSi

Dr. Dhani I , MM

Yuniningsih, SE, MSi

Drs. Ec. Ali Maskun, MS

 

MKB 3140

AKUNTANSI BIAYA

3

Drs. Agus S , MM, Ak.

Drs. Ec. Pandji S, SE, MM

Dra.Ec.Dwi Suhartini,M.Aks

 

MKB 3132

M.S.D.M. I

3

Drs. Ec. Dwi Widajati ,MM

Drs. Ec. Mei Retno A., MSi

IV

MPB 4135

PERILAKU ORGANISASI

3

Dra. Ec. Sulastri I  MM Dra. Ec. Nuruni Ika, MM

Dra. Ec. Kustini , MSi

 

DKK 6144

MANJ. KUANTITATIF

3

Dra. Ec. Nuryanti T, MSi

Wiwik H, SE, MSi

 

MKB 4120

EK. KOPERASI

3

Dra. Ec. Suhartuti, MMDra. Ika Korika, MPd

Drs.Ec. Hery ALW, MM

Sugeng P. SE, MM

 MKB 4146MANAJ. PEMASARAN II3Drs. Ec. Prasetyohadi, MM,Ir.Yusuf Mahdi, MMDra. Ec. Nuruni Ika, MM
 

MKB 4147

MANAJ. KEUANGAN II

3

Drs. Ali Maskun, MSDrs. Ec. Muhadjir A, MM Yuningsih, SE, MSi., MSi
 

MKB 4152

M.S.D.M. II

3

Dra. Ec. Dwi Widajati,MMDra. Ec. Mei Retno A.
 

DKK 4029

PENG. APL. KOMPUTER + PRAKTIKUM

2

Drs. Ec. Eko Purwanto, MSi

Dra. Ec. Nuruni Ika, MM Sugeng Purwanto, SE, MM Drs. Ec. Bowo Santoso , MM

V

MBB 5119

PEREK. INDONESIA

3

Drs. H. Marzuki

Sugeng Purwanto, SE, MM

Suwarno,SE,Msi

 

MKB 5140

EK. INTERNASIONAL

3

Sugeng Purwanto, SE, MM Drs. H. Marzuki Dra. Ec. Kustini, MSi
 

MKB 5143

ANGG. PERUSAHAAN

3

Drs. Ec. Ali Maskun, MSDra. Ec. Tri Kartika, MSi
 

MKB 5145

T Q M

3

Drs.Ec. Bowo Santoso, MMIr. Andiy Subroto,MM
 

MPB 5143

EK. MANAJERIAL

3

Dra. Ec. Luky S, MP

Dr.  Muhadjir A, MM

Drs. Ec. Dwi Widayati,MM

Dra. Ec. Gregory I. S.
 

MPB 6161

KEWIRAUSAHAAN

3

Drs. Ec. Supriyono, MM

Drs. Djoko Satrio

Drs. Ec. Andri Siswoyo

Dra.Ec. Ika Korika, MPd
 

MPB 7172

AKUNTANSI MANAJEMEN

3

Dra. Ec. Nuryanti T, MSi

Drs. Agus Subiyantoro

Drs. Ec. Muhadjir A, MM

VI

DKK 6128

METODE PENELITIAN

3

Drs. Ec. Sumarto, MS

Dra. Ec. N. Mahmudah, MS

Dra. Ec. Luky S, MP

Sugeng P, SE, MM

 

DKK 6152

EKONOMETRIKA

3

Dra. Ec. Tri Kartika MSi

Dra. Ec. Luky S, MP

Dr.  Muhadjir A, MM

 

MPB 6160

SIST.INF.MANAJEMEN

3

Drs.Ec. Bowo Santoso, MMWiwik H, SE, Msi

Drs.Ec. Gusti Khairudin

Ir. Andi Subroto,MM

 

MPB 6137

STUDI KELAYAKAN BISNIS

3

Drs. Eddy Sucahyo, AK

Drs. Adi Pramono, AK

Yuniningsih, SE, MSiDra. Ec. Nuryanti T, MsiDrs.Ec. RA.Suwaedi,MS
  

MKB 6146

PEMASARAN STRATEGIK

3

Drs.Ec. Supriyono, MM

Drs.Ec. Djoko Satrio

Drs.Ec. Andri Siswoyo

Dra. Ec. Nuruni Ika, MM

 

MKB 6156

PERILAKU KONSUMEN

 

3

Drs.Ec. Hery Pudjo P, MM

Drs.Ec. Endang Iriyanti, MM

 

MKB 6155

PEMASARAN JASA

3

Drs.Ec. Prasetyohadi, MMDewi Komalasari, SE
 

MKB 6165

ANALS. INV & PSR MDL

3

Drs.Ec. Eko Purwanto, MsiIra Wikartika, SE, MM
 

MKB 6166

ANAL. LAP. KEU3Dr. Dhani I.N., MMDra.Ec.Sri Hastuti,MSiIra Wikartika, SE, MM
 MKB 6167KEU. INTERNASIONAL3Dr. Wispandono, MS
  MKB 6145EV. KINERJA3Drs.Ec. Gendut Sukarno, MSDra.Ec. Kustini, MSi
 MKB 6140BUD. ORGANISASI3 Dra.Ec. Mei Retno A, Msi

Dra.Ec. Dwi Widajati, MM

 MKB 6141PENGEMBANGAN ORG.3Dra.Ec. Sulastri Irbayuni, MM
 ESK 4147EK. MONETER3Dra. Ec.  Suhartuti ,MMSugeng Purwanto, SE, MM
 

EUD 5123

BANK & LEMB. KEU. LAIN

3

Dr. Ec. Rini Mariani ,MM Dra. Ec. Siti Aminah ,MM
 

EUD 5122

KEPEMIMPINAN

3

Drs. Warsito, MM

Drs. Marzuki

 

EMK 8154

MNJ. PERBANKAN

3

Dra.Ec. Rini Mariani , MM

Dra. Ec. Siti Aminah, MM

 

MKB 6148

KOMUNIKASI BISNIS

3

Ir. Andi Subroto,MMDrs. Ec. Prasetyohadi, MM

VII

MKB 8150

MNJ. PEMASARAN III /SEMINAR PEMASARAN

-

Drs. Ec. Prasetyohadi, MM

Drs. Ec. Supriyono , MM Drs Eko Pranoto,SE,MMDewi Komala Sari ,SE
 

MKB 8162

MNJ. KEUANGAN III /SEMINAR KEUANGAN

-

Dr. Dhani I.Nur, MM

Drs. Ec. Ali Maskun, MSDra. Ec. Nuryanti T, MsiDra. Ec. Tri Kartika MSi
 

MKB 7166

M.S.D.M. III /SEMINAR  MSDM

-

Drs. Ec. Gendut S, MS

Drs. Marzuki

 

MPB 7164

M. STRATEGI

3

Drs. Ec. Gendut S, MS

Dr. Muhajir A. , MM

Ir. Yusuf Mahdi, MM

 

UKK 7011

BAHASA INDONESIA

2

Drs. Kusnarto, MSiDra. Siti Ning F.
 

MKB 7148

MANJ.OPERASIONAL

3

Dra. Ec. Nuryanti T, Msi

Wiwik H, SE, MSi

 

MPB 7164

TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN

3

Dra. Ec. Nuruni Ika, MM

Drs.Ec. RA.Suwaedi,MS

 MKB 7162LAB.MANAJEMEN/MANAJEMEN TERPADU2 Dra. Ec. Tri Kartika MsiTEAM

        

 Daftar Mata Kuliah Konsentrasi dan Pilihan Program Studi Manajemen       

No.Nama Mata Kuliah WajibKode MKSemesterSKSDosen Pengampu
1.

KONSENTRASI MANJ. PEMASARAN :

SEMINAR PEMASARAN

   

EMK 8153/MKB 8150

   Drs.Ec. Prasetyohadi, MMDrs. Ec. Supriyono, MM
 

PEMASARAN STRATEGIK

 

MKB 6146

 
  Drs. Ec. Supriyono, MMDra.Ec. Nuruni Ika, MMDrs.Ec. Andri SiswoyoDrs.Djoko Satriyo,AK
 

PEMASARAN JASA

MKB 6155

  Drs. Ec. Prasetyohadi, MMDrs. Djoko Satrio
 

PERILAKU KONSUMEN

 
  MKB 6156  Dra Endang Iryanti,MMDrs.Ec. Hery Pudjo , MM
2.KONSENTRASI MANAJ. KEUANGANSEM. KEUANGAN   

EMK 8162/MKB 8162

 
     

Dr. Dhani I.Nur.,MM

Drs. Ec. Ali Maskun, MS

Dra.Ec. Nuryanti T.,Msi

Dra. Ec. Tri Kartika MSi 
 ANALISA INVEST. & PASAR MODAL

MKB 6165

 
  Dr. Wispandono , MSDrs. Ec. Eko Purwanto, MSiYuniningsih ,SE, Msi
 ANALISA LAP. KEUANGAN   MKB 6166  

Dr. Dhani I.Nur.,MM

Ira Wikartika ,SE, MM
 KEUANGAN INTERNASIONAL   MKB 6167  

Dr. Wispandono , MS

3.KONSENTRASI  M.S.D.M. :SEM. MSDM     

EMK 8166

    

Drs. Ec. Gendut S, MS

 EVALUASI  KINERJA

MKB 6145

 
  Drs. Ec. Gendut S, MSDra. Ec. Kustini, Msi
 BUDAYA ORGANISASI

MKB 6140

  Dra. Ec. Dwi Widajati, MMDra. Ec. Mei Retno A., Msi
 PENGEMBANGAN  ORGANISASI   MKB 6141  Dra. Ec.  Sulastri Irbayuni, MM
 KONSENTRASI MANAJ. OPERASIONAL:    
 MANAJEMEN PROYEK

MKB6211

   
 NAJEMEN OPERASI GLOBAL

MKB6212

   
 SUPPLY CHAIN MANAGEMENT   MKB6213   
 

DISKRIPSI  MATAKULIAH  PROGRAM STUDY  MANAJEMEN


MATAKULIAH   : AKUNTANSI MANAJEMEN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini dirancang untuk dapat memberikan pengetahuan tentang peranan informasi biaya untuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan, dikaitkan dengan lingkungan bisnis tradisional maupun modern.


MATAKULIAH   : AKUNTANSI BIAYA (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini dirancang untuk dapat memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar akuntasi biaya untuk penentuan harga pokok produk. Pembahasan mencakup sistem akumulasi biaya secara konfensional, akuntansi untuk komponen biaya produksi, maslah alokasi biaya bersama dan sistem biaya standard.e

MATAKULIAH   : ANGGARAN PERUSAHAAN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini dirancang untuk mampu menjelaskan dan memahami serta membuat berbagai jenis anggaran dalam perusahaan. Pembahasan matakuliah ini mencakup prinsip dasar anggaran, anggaran penjualan, produksi, tenaga kerja langsung, kas dan variabel.

MATAKULIAH   : MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA I  (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini mengandung makna agar mahasiswa memahami faktor SDM dalam organisasi / perusahaan.

MATAKULIAH   : MANAJEMEN PEMASARAN LANJUTAN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Setelah mempelajari matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu merancang strategi dan menganalisis kegiatan pemasaran untuk pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran.

MATAKULIAH   : MATEMATIKA (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang bagaimana matematika dapat dijadikan alat analisa untuk masalah-masalah ekonomi dengan demikian matematika ini dimulai formulasi model ekonomi secara matematis dan dilanjutkan dengan penggunaan matematika.

MATAKULIAH   : METODOLOGI PENELITIAN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini membahas pengertian penelitian dan segala sesuatu sejak mempersiapkan penelitian sampai dengan penulisan hasil.

MATAKULIAH   : MANAJEMEN PERBANKAN  (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini memberikan pengetahuan dasar mengenai manajemen perbankan yang merupakan aplikasi dari teori keuangan dalam perbankan disamping konsep dan teori tentang perbankan.

MATAKULIAH   : MANAJEMEN PEMASARAN I (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah manajemen pemasaran ini merupakan matakuliah yang memberikan berbagai pengertian dan konsep dasar dalam kegiatan pemasaran.

MATAKULIAH   : SEMINAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini memberikan pemahaman yang baik dalam bidang SDM khususnya berbagai pengaruh praktek dan kegiatan MSDM terhadap kinerja dan produktivitas tenaga kerja.

MATAKULIAH   : PENGANTAR AKUNTANSI  (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar akuntasi, mulai memperkenalkan pengertian akuntansi, persamaan, siklus dan proses penyusunan pelaporan keuangan untuk perusahaan jasa dan perdagangan.

MATAKULIAH   : PERPAJAKAN (2 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Memberikan pemahaman mengenai erhitungan pajak, jenis-jenis pajak serta konstribusi bagi pendapatan nasional.

MATAKULIAH   : MANAJEMEN KUANTITATIF (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini membahas mengenai metode linier programming untuk memecahkan problem-problem manajemen dakam kondisi yang pasti, yang meliputi metode grafis & simpleks, problem transportasi, penugasan integer dan goalm programming. Selain itu dibahas pula mengenai teknik-teknik pemecahan problem manajemen dalam kondisi yang tidak pasti dapat beresiko.

MATAKULIAH   : SEMINAR MANAJEMEN KEU.  (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini memberikan pengertian tentang manajemen keuangan terutama dalam rangka pengambilan keputusan melalui pembahasan dan pemecahan kasus-kasus manjemen keuangan.

MATAKULIAH   : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Memberikan penjelasan pada mahasiswa bahwa dengan adanya teknologi perangkat keras dan lunak komputer yang berkembang dengan kecepatan yang makin tinggi, sistem informasi manajemen yang berbasis komputer menjadi kebutuhan yang mutlak bagi perusahaan dan dapat memberikan keunggulan komtitif, sehingga perlu mendapat prioritas yang tinggi.

MATAKULIAH   : STATISTIK I (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini mencakup gambaran tentang metode pengumpulan data, penyusunan, analisa serta interpretasi serta data data analisanya dalam nilai-nilai central, angka indeks, deret berkala serta regresi dan korelasi.

MATAKULIAH   : STATISTIK II  (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Membahas berbagai macam konsep (teori) maupun metode statistik yang selanjutnya dapat digunakan melakukan interpretasi terhadap berbagai macam data penelitian dan sekaligus pula mengetahui alat-alat analisa apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan masalah yang dihadapi.

MATAKULIAH   : TOTAL QUALITY MANAGEMENT (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah TQM ini merupakan matakuliah yang membahas paradikma baru dalam menjalankan bisnis dengan cara memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara berkesinambungan atas kualitas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan organisasi.

MATAKULIAH   : BANK & LEMBANGA KEU LAINNYA (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Menjelaskan kepada mahasiswa bahwa lembaga keuangan tidak hanya berupa lembaga perbankan saja melainkan lembaga keuangan bukan bakn yang dapat dijadikan sebagai alternatif pembiayaan selain sektor non bank.

MATAKULIAH   : EKONOMI MANAJERIAL (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT 
Diharapkan mahasiswa mampu memahami penerapan teori ekonomi dalam pengambilan keputusan dengan mempergunakan berbagai alat analisis diantaranya statistik, matematis, finance accounting dan marketing.

MATAKULIAH   : PEMASARAN STRATEJIK (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Menjelaskan tentang strategi pemasaran dengan menekankan pada alisis dan perencanaan yang dimulai dari analisis situasi, mendisain strategi pemasaran, mengembangkan program pemasaran dan implementasi.

MATAKULIAH   : MANAJ. SUMBER DAYA MANUSIA LANJUTAN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Memberikan pemahaman berbagai konsep, metode dan teknik perencanaan, penarikan.

MATAKULIAH   : KEWIRAUSAHAAN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini memberikan pengertian, konsep dan praktek kewirausahaan. Pembahasan matakuliah ini diharapkan mampu mencipatakan peluang dan mendorong tumbuhnya semangat wirausaha bagi mahasiswa.

MATAKULIAH   : ANALISIS INVESTASI DAN PASAR MODAL (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini membahas mengenai konsep dasar dan surat berharga serta beberapa konsep statisik yang digunakan dalam analisa portofolio. Setelah itu dibahas mengenai konsep-konsep dan model-model penggabungan saham-saham agar menjadi portofolio yang optimal serta bagaimana menilai dan menentukan saham.

MATAKULIAH   : EVALUASI KINERJA (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa beberapa konsep yang dipergunakan dalam :
1. Menyusun kebijakan kinerja karyawan
2. Memformulasikan kinerja individu dan kelompok
3. Mengevaluasi kinerja individu dan organisasi

MATAKULIAH   : PENGANTAR BISNIS (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini menjelaskan konsep 2 fungsi bisnis maupun trend yang berkembang ini serta pengaruhnya terhadap perekonomian nasional dan perangkat organisasi yang dipergunakan untuk menjalankan bisnis secara efektif, efisien dan produktif.

MATAKULIAH   : MANAJEMEN STRATEGI (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Matakuliah ini dirancang untuk dapat memahami proses manajemen strategi mulai formulasi strategi, analisa strategi dan implementasi strategi, yang mencakup peran manajemen strategi, proses manajemen strategi, memilih strategi dan evaluasi strategi.

MATAKULIAH   : PENGANTAR MANAJEMEN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Memberikan pengertian kosep, teori, pendekatan dan praktek manajemen. Pembahasannya ditekankan pada ketrampilan konseptual dan teknis. Guna mencapai harapan tersebut pemberian materi disajikan dalam bentuk kuliah, tanya jawab (diskusi) dan pemberi tugas.

MATAKULIAH   : TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT 
Membahas proses pengambilan keputusan dalam keadaan ketidakpastian, resiko dan ketergantungan, Analisis Van Neuman Mogenstein Game Theory dan Analytic Hierarchy Process dalam pengambilan keputusan dan penerapannya pada lingkungan mikro dan makro.

MATAKULIAH   : MANAJEMAN KEUANGAN LANJUTAN (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Membahas berbagai pengetahuan manajemen keuangan untuk memberi wawasan yang lebih mendalam terutama yang berkaitan denga pengambilan keputusan dalam jangka panjang dan penerapan model-model keuangan. Matakuliah ini meliputi : sumber pendanaan jangka panjang, analisa dan perencanaan keuangan, keputusan pembelanjaan dan investasi serta permasalahan keuangan dalam bisnis interansional.

MATAKULIAH   : PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER (2 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT 
Dibahas tentang perangkat keras, perangkat lunak, program aplikasi yang banyak digunakan dalam membuat analisis dan laporan, serta dibahas pula istilah-istilah teknis dan sistem database komputer yang berbasis jaringan.

MATAKULIAH   : STUDI KELAYAKAN BISNIS (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Dibahas teknik-teknik dalam membuat studi kelayakan bisnis pada badan usaha. Dan dibahas pula cara melakukan penilaian guna pengambilan keputusan.

MATAKULIAH   : EKONOMETRIKA (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT  
Memberikan landasan teori dan penerapan metode ekonometrika untuk penelitian-ekonomi, khusunya penelitian manajemen. Titik berat pembahasan terutama pada konsep-konsep dasar, tahapan yang benar sesuai dengan metode ekonometrika dan asumsi klasik.

MATAKULIAH   : SEMINAR MANAJEMEN OPERASI (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT
Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang proses perancangan dan pengoperasian suatu sistem yang produktif, dan membahas berbagai isue aktual yang terkait dengan kelancaran transformasi bisnis.

MATAKULIAH   : MANAJEMEN PROYEK (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT
Matakuliah ini membahas tentang pengelolaan proyek yang mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan lintas funsi  atau lintas organisasi dalam kegiatan opersi/proyek.

MATAKULIAH   : MANAJEMEN OPERASI GLOBAL (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT
Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang perluasan dari perkuliahan manajemen operasi yaitu tentang manajemen dan strategi operasi global.

MATAKULIAH   : MANAJEMEN LOGISTIK (3 SKS)
DESKRIPSI SINGKAT                : Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang proses pengelolaan strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, bahan baku dan barang jadi dari supplier, perusahaan dan pelanggan.

Last Updated on Sunday, 22 February 2009 12:21
 

bottom

Copyright ©2009. UPN “VETERAN” Jawa Timur Powered by Fakultas Ekonomi.